Hikmah di Balik Berwudhu


Bagi umat Islam wudhu merupakan sesuatu yang penting, dan ternyata ada hikmah dan keutamaan selalu menjaga wudhu. Bagaimana tidak, wudhu merupakan sesuatu yang dibutuhkan ketika kita akan memegang Al-Qur’an atau bahkan ketika kita ingin memanjatkan kesetiaan kita kepada Allah SWT yang menjadi satu-satunya dzat paling baik dan paling murah hati yang memegang kendali akan segala sesuatu yang terjadi pada bumi, galaksi, alam semesta, dan segala macam hal yang ada di dalamnya. Air wudhu sendiri dipercaya mampu membersihkan hadats besar dan kecil, tapi apakah fungsi dari selalu dalam kondisi berwudhu?

Hikmah dan Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu

Ternyata Ini Hikmah dan Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu Kita. Lakukanlah!
Menjaga wudhu bukanlah hal yang asing bagi mereka yang menjadi penghafal Al-Qur’an atau yang biasa disebut dengan nama hafizh Al-Quran. Hal ini amat wajar, mengingat seorang hafizh Qur’an akan sering menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan al-Qur’an yang ia miliki tanpa peduli waktu dan tempat. Dan untuk memegang sebuah Al-Qur’an yang dinilai sebagai benda suci, kita diwajibkan untuk ada dalam keadaan suci seperti yang diucapkan oleh Allah SWT dalam surat Al-Waqi’ah ayat ke-79, dimana bunyinya kira-kira bahwa kita tidak boleh menyentuh al-Qur’an kecuali kita termasuk dalam mereka yang suci.

Melalui ayat yang dinilai mengenai perintah untuk menjaga wudhu saat memegang Al-Qur’an, terjadi beberapa perbedaan pandangan yang muncul karena cara tafsir yang berbeda. Meski begitu, hampir seluruh ulama memiliki pendapat yang sama mengenai penyentuhan Al-Qur’an, dimana mereka yang ada dalam kondisi berhadas diharamkan menyentuh Al-Qur’an. Jika seseorang ingin membaca Al-Qur’an tanpa menyentuhnya, maka dibolehkan jika ia hanya memiliki hadas kecil, tapi diharamkan ketika mereka memiliki hadas besar.

Yang perlu kita ketahui mengenai wudhu adalah bahwa ternyata ada hikmah dan keutamaan selalu menjaga wudhu yang kita miliki, dan hal-hal tersebut adalah:
  1. Wudhu yang terjaga mampu memasukkan seseorang ke surga seperti layaknya Bilal. Hal ini tercatat dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari.
  2. Ketika tiba di akhirat kelak, akan masuk dalam golongan Rasulullah SAW
  3. Air wudhu mampu membuat otot-otot yang tadinya tegang menjadi rileks. Beberapa dokter bahkan berkata bahwa percikan air ke wajah mampu menghilangkan kepenatan dan lelah.
  4. Mereka yang tidur setelah selesai berwudhu niscaya akan selalu ditemani dan dido'akan oleh malaikat, seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan berasal dari Ibnu Umar. Ketika kita didoakan oleh malaikat, maka doa kita kepada Allah niscaya akan dikabulkan.
  5. Percikan air wudhu pada wajah akan mempercerah wajah kita, karena air tersebut mampu menyapu bersih debu, kuman, dan sisa kotoran yang melekat.
  6. Biasa menjaga wudhu kemungkinan besar akan dihindarkan dari maksiat serta dosa-dosa lainnya. Hal ini diakibatkan karena kita sedang ada dalam kondisi yang suci dan beriman. Sabda Rasulullah SAW mengenai hal ini tercatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad, dimana statusnya sendiri adalah hadist yang shahih.
  7. Dengan menjaga wudhu, niscaya dosa yang dimiliki oleh seseorang akan terhapuskan, belum lagi derajatnya di mata Allah SWT akan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan oleh sabda Rasulullah SWT yang diriwayatkan oleh Muslim mengenai hal yang membuat derajat seseorang meninggi.
Dengan fakta-fakta di atas, akankah kita menjaga wudhu kita setelah mengetahui hikmah dan keutamaan selalu menjaga wudhu?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah di Balik Berwudhu"

Post a Comment