Apakah Benar Pokemon Artinya 'Aku Yahudi'?

Pokemon berarti "aku yahudi". Demikian broadcast yang beredar di WhatsApp dan media sosial, seiring dengan hebohnya game Pokemon Go.


Menurut broadcast itu, pokemon berasal dari bahasa Syriac atau bahasa Suryani yang berarti "Aku Yahudi". Sedangkan Pikachu disebutkan artinya adalah "jadilah yahudi".

Sebenarnya, polemik tentang arti Pokemon telah mencuat sejak tahun 2001, ketika ulama Arab Saudi mengharamkan Pokemon karena dinilai mengkampanyekan teori evolusi dan dianggap propaganda Yahudi untuk menjauhkan anak-anak muslim dari agamanya.

Segera setelah itu, komik dan mainan Pokemon diturunkan rak-rak toko dan pesanan dibatalkan. Fatwa haram Pokemon juga dikeluarkan para ulama di Qatar, Dubai, Jordania dan Mesir.

Mohammed Abu Laila, salah seorang profesor dari Universitas Al Azhar Mesir, tidak menemukan bukti bahwa Pokemon berasal dari bahsa Suryani dan artinya "aku yahudi". Pun tidak ada bukti valid bahwa pikachu berarti "jadilah yahudi."

Namun, ia sependapat bahwa game Pokemon menyebarkan ide-ide atheis dan menjauhkan dari Allah.

"Dari sudut pandang orang tua, game ini membuat anak-anak jauh dari Allah, dan menyebarkan ide-ide atheis," katanya seperti dikutip Los Angeles Times pada 24 April 2001 lalu.

[Sumber: Tarbiyah.net]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Benar Pokemon Artinya 'Aku Yahudi'?"

Post a Comment