Mungkin Ini Penyebabnya.., Doa Anda Tak Kunjung Terkabul

Sebagai manusia, salah satu cara kita meminta sesuatu pada Allah SWT adalah dengan berdoa, tapi kadang doa kita tak kunjung dikabulkan. Nah, ini penyebab doa tak kunjung dikabulkan, mulai dari kita yang pernah berbuat jelek hingga dari kandungan makanan yang kita konsumsi selama ini. Di kesempatan kali ini, kita akan coba untuk membahas apa-apa saja yang bisa membuat doa kita tidak didengar oleh Allah SWT dengan detil bahkan hingga dalil yang menyebutkan mengenai hal tersebut.
Ini Penyebab Doa Tak Kunjung Dikabulkan Oleh Allah SWT



Sering Berdoa Tapi Tidak Pernah Merasakannya.
Karena kita sebagai manusia tidak memiliki kekuatan akan takdir, tentu kita harus meminta kepada Allah SWT yang telah menuliskan semuanya untuk kita. Cara meminta yang paling bisa diterima adalah dengan berdoa, tapi kadang seringkali kita menemukan mereka yang doanya tidak pernah dikabulkan oleh Allah SWT. Bukankah Allah SWT maha mendengar? Jadi tidak mungkinkan Ia tidak mendengar doa yang dipanjatkan oleh umatNya. Ternyata, jika sebuah doa yang kita panjatkan tidak kunjung didengar oleh Allah SWT maka mungkin penyakitnya ada pada kita, yang dengan kata lain bisa disebut bahwa kita sendirilah yang menjadi alasan mengapa doa kita tidak pernah dikabulkan oleh Allah SWT.

Syekh Abdul Aziz bin Abdillah pernah diberikan pertanyaan tentang mengapa doa seseorang bisa tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Beliau menjawab bahwa sebenarnya ada banyak alasan mengapa doa seseorang bisa tidak dikabulkan, mulai dari dosa yang dimiliki oleh orang tersebut, buruknya amalan yang dimiliki, hingga sejarahnya pernah memakan makanan yang haram. Bisa juga doa tersebut tidak dikabulkan karena ketika ia memanjatkan doa, hatinya sedang ada dalam keadaan yang lalai.

Hal tersebut pernah juga dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW pada sebuah hadits, dimana disebutkan bahwa sesungguhnya seorang muslim doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT selama tidak ada dosa di dalamnya, dan selama mereka tidak memutuskan silaturahmi yang ia miliki dengan kerabat-kerabatnya. Beberapa dari doa tersebut akan langsung dikabulkan, disimpan untuk di akhirat, atau untuk menjaganya dari kejelekan serupa. Namun jika orang yang berdoa dipenuhi dosa dan belum bertaubat, maka besar kemungkinan doanya akan masuk dalam doa yang tidak akan terkabul.

Apa Dalil Dari Tidak Terkabulnya Doa Seseorang?
Sebelum kita menilai sepihak bahwa doa kita tidak terkabul, kita harus mengetahui bahwa Allah tidak akan pernah tidak mengabulkan doa kecuali doa tadi datang dari orang dengan dosa yang banyak dan belum bertaubat. Kita harus sadar juga bahwa Allah maha tahu dan bisa saja doa kita disimpan untuk menjaga kita dari bencana yang serupa nantinya.

Ternyata, ini penyebab doa tak kunjung dikabulkan beserta dalil yang menyertainya:

• Hadits hasan yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, masuk dalam kumpulan hadist no. 3479
Isi hadits ini adalah sebaiknya kita berdoa kepada Allah dengan keadaan yakin bahwa Allah pasti akan mengabulkannya, dan Allah sesungguhnya tidak akan mengabulkan doa jika doa tersebut datang dari orang yang memiliki hati lalai.

• Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, dan ada pada nomor 1015
Hadits ini menceritakan tentang pengaruh makanan yang haram bagi doa seseorang. Ini sesuai dengan firman Allah mengenai bagaimana para rasul harusnya mengonsumsi makanan yang baik, dan tidak salah lagi bahwa ini penyebab doa tak kunjung dikabulkan.




Sumber : kumpulanmisteri.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mungkin Ini Penyebabnya.., Doa Anda Tak Kunjung Terkabul"

Post a Comment