Ternyata Daun Seledri Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui, Yuk Di Share ...

Daun seledri atau daun sop adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang selalu baik untuk kesehatan. Pada setiap bagiannnya mengandung banyak manfaat untuk tubuh mulai dari daun,batang maupun akarnya. Daun seledri ini biasanya digunakan sebagai sayuran penambah aroma masakan. Selain itu, daun seledri juga dapat digunakan sebagai tanaman obat.

Daun Seledri

Dalam daun seledri mengandung vitamin A, kemudian batangnya merupakan sumber dari vitamin B1, B2, B6, dan C dengan kandungan yang kaya kalsium, postasium, folat, besi,magnesium, natrium, fosfor dan asam amino esensial yang tinggi. Natrium organik alami yang ada pada seledri sangat aman untuk dikonsumsi serta sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang ada dalam daun seledrii. Manfaat seledri seringkali dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, padahal daun seledri juga dapat menjaga fungsi ginjal.

Daun seledri dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, dapat dimakan secara langsung atau dijadika sebagai sayuran untuk masakan. Para atlet biasanya mengkonsumsi daun seledri dengan cara di jus untuk  membantu dalam penyempurnaan pasca latihan tonik untuk mengganti elektrolit yang hilang dan rehidrasi tubuh dengan kandungan mineral yang ada dalam daun seledri. Daun seledri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan setelah mengkonsumsi daun seledri yaitu:

Daun seledri dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol dalam tubuh harus dibatasi jumlahnya. Jika jumlahnya tidak dibatasi maka dapat mengakibatkan adanya penumpukan dan penyumbatan pada pembuluh darah, pembuluh darah yang tersumbat dapat mengundang berbagai penyakit. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dapat dilakukan dengan daun seledri. Dengan merebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas air. Kemudian daun seledri dicuci dan dipotong – potong. Dan sisanya ditunggu sampai agak mendingin lalu diminum secara rutin.

Daun seledri dapat mengobati rematik

Rematik dapat mengganggu kegiatan seseorang. Rematik juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kesakitan pada setiap harinya. Adanya penyakit rematik disebabkan karena kelebihan asam urat. Asam urat menumpuk pada sendi dan kemudian mengkristal selanjutnya menyebabkan seseorang dalam menggunakan tubuhnya semakin sulit. Daun seledri dapat digunakan untuk meringankan masalah rematik, hal ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan mengkonsumsi daun seledri mentah secara langsung. Mengkonsumsi daun seledri dapat dilakukan dengan menjadikannnya sebagai sayuran tambahan untuk lalapan dalam makanan sehari – hari.

Daun seledri dapat menurunkan darah tinggi

Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang dapat mengancam pecahnya pembuluh darah pada bagian otak. Bagi seseorang yang menderita penyakit darah tinggi maka harus segera bertindak agar dapat meringankan penyakit darah tinggi ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menumbuk 100 gram daun seledri  sampai halus. Tambahkan air matang dan dimasak sampai mendidih. Selanjutnya minum 2 kali dalam sehari sehingga penyakit darah tinggi tersebut dapat menurun.

Daun seledri dapat mengobati anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat membuat seseorang menjadi sakit kepala pada sepanjang hari. Hal ini karena kekurangan darah dapat membuat seseorang menjadi lelah, lemah, lesu, lunglai, dan lemas. Semua kegiatan yang dilakukan tanpa adanya semangat. Dalam hal ini, daun seledri dapat membantu untuk mengobati anemia. Caranya yaitu dengan membuat jus dari daun seledri. Jus tersebut terdiri dari campuran air, nanas, madu, dan daun seledri. Meminum jus campuran seledri secara rutin pada setiap harinya dapat meringankan penyakit anemia dan membuat seseorang menjadi lebih bersemangan dalam melakukan kegiatan sehari – harinya.

Daun seledri dapat mengobati mata kering

Mata kering dapat mengganggu aktivitas seseorang. Dengan mata yang kering, maka mata cenderung menjadi gatal. Gatal pada mata tersebut dapat menyebabkan iritasi jika mata dikucek maupun dibiarkan. Mata dapat menjadi merah nantinya. Mata kering dapat disembuhkan dengan daun seledri.
Caranya yaitu dengan menumbuknya berseam dengan daun kelor dan daun bayam. Hasil tumbukan ditambahkan dengan sedikit air dan garam. Kemudian meminum campuran bahan – bahan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang optimal.

Daun seledri dapat mengatasi obesitas

Obesitas seringkali menjadi masalah bagi seseorang. Obesitas dapat membuat tubuh seseorang menjadi tidak menarik. Oleh karena itu, Hal ini dapat diatasi dengan jus daun seledri yang dapat diminum secara rutin. Dengan meminumnya secara rutin maka obesitas akan berkurang.

Daun seledri dapat mengobati batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit ringan. Namun, batuk juga dapat mengganggu aktivitas seseorang, apalagi batuk berdahak tentu dapat menyulitkan seseorang. Daun seledri dapat meringankan penyakit batuk yaitu dengan merebus daun seledri yang bersih dengan 3 gelas air hingga menyusut. Lalu saring air tersebut dengan madu. Minum 2 kali dalam sehari dapat meringankan batuk.


Sumber : wajibbaca.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Daun Seledri Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui, Yuk Di Share ..."

Post a Comment