Bingung Saat Membangun Rumah? Ternyata Seperti Inilah Rumah Ideal Menurut Pandangan Rasulullah ,Mudah dan Murah Dipraktekan Loh !

Rumah adalah kebutuhan setiap manusia di dunia. Rumah menjadi tempat berlindung dari cuaca panas maupun dingin, hujan, salju, ataupun angin. Rumah adalah tempat seseorang pulang dan beristirahat setelah aktivitas sehari-hari.


Rumah merupakan kebutuhan primer. Karena itu, setiap orang berlomba membuat rumahnya nyaman dihuni. Nyaman menjadi tuntutan karena berpengaruh langsung pada betah tidaknya seseorang tinggal di rumah tersebut.

Rasa nyaman secara fisik bisa diperoleh dari pengaturan sirkulasi udara yang baik. Dengan demikian, temperatur, kelembapan, kebersihan, dan kesehatan lingkungan rumah menjadi terjaga.

Dalam membangun dan menata sebuah rumah, ternyata Rasulullah sudah memberikan tata caranya loh! Ini dia rumah yang ideal menurut Rasulullah SAW.

1. Belilah atau sewa rumah yang dekat dengan masjid karena itu bisa menyemangati diri Anda untuk hadir pada waktu sholat berjamaah.

2. Berkenalanlah dengan tetangga Anda sebelum tinggal di rumah. Kalau cocok, utamakanlah walaupun mahal karena tetangga yang bertingkah buruk bisa mengacau kehidupan Anda.

6. Jangan penuhi rumah Anda dengan perkakas yang tidak Anda butuhkan. Karena Rasulullah  mengingatkan tentang rumah yang melebihi kebutuhan dari kasur dan pakaian. Ia bersabda, “Kasur untuk anakmu yang laki-laki, satu kasur untuk anak perempuan. Satu kasur untuk kamu dan kasur yang keempat untuk setan,” (HR. Muslim).

7. Berilah kasur tersendiri untuk anak-anak Anda. Jangan tidur satu kasur bersama mereka. Rasulullah  bersabda, “Perintahkan anakmu shalat pada usia tujuh tahun dan pukullah jika meninggalkannya pada usia sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidurnya,” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

8. Jangan ganti perkakas rumah, kecuali sudah butuh untuk diganti. Sebagian orang suka mengganti perkakas rumah setiap setahun atau kurang. Ini perbuatan berlebihan. Jika Anda bosan dengan perkakas rumah, ubah saja tempatnya sehingga membuat pemandangan yang baru.

9. Jangan tempatkan televisi di rumah lebih dari satu. Jangan letakkan komputer untuk anak Anda di kamar mereka karena akan menjadikan anak kecanduan bermain game.

10. Letakkan jam di ruang terbuka sehingga bisa dilihat oleh semua orang.

11. Buat tempat khusus untuk perpustakaan –walaupun kecil— untuk buku-buku saku.

12. Terakhir jadikan rumah Anda nyaman penuh dengan kasih sayang, penuh kehangatan untuk istri Anda, anak-anak Anda, dan selalu berdoalah semoga Allah menyertai kebahagiaan selalu dalam keluarga Anda.


Tak sulit kan membangunnya? Dengan mengikuti tips diatas, dijamin rumah kita akan ideal dan tetap nyaman.

Sumber : http://7tujuhcahaya.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Saat Membangun Rumah? Ternyata Seperti Inilah Rumah Ideal Menurut Pandangan Rasulullah ,Mudah dan Murah Dipraktekan Loh !"

Post a Comment